Usulan Novelty Rancangan Penelitian Campuran : Convergent-Parallel Approach dan Embedded Approach

 

Nama              : Nindya Rivantie Hayuning Tyas

NIM                : 220321603128

Offering          : D


Usulan Novelty Usulan Novelty 5 Artikel Convergent-Parallel Approach

Penelitian 5 Tahun Terakhir

Materi

Model Kuantitatif

Model Kualitatif

Variabel Kesulitan

Variabel Strategi Perencanaan

Subjek

Pengembangan Multimedia Digital STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Hukum Archimedes

(Rahardhian dkk., 2023)

Hukum Archimedes

Tidak.

Ya

Tidak

Ya

Siswa

A Convergent Parallel Mixed-Methods Study of Teachers’ Ideologies in Teaching Controversial Issues

https://digitalcommons.unomaha.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1069&context=isqafacpub

Ideologi guru dalam mengajarkan isu-isu kontroversial.

Ya

Ya

Ya

Ya

Guru yang mengajarkan isu-isu kontroversial.

Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Salah Satu Pemecahan Masalah Masih Kurangnya Keaktifan Peserta Didik Saat Proses Pembelajaran Berlangsung

(Sabarrini dkk., 2024)

Pembelajaran berdiferensiasi

Ya

Ya

Ya

Ya

Siswa yang mengalami pembelajaran berdiferensiasi, kemungkinan berada pada jenjang pendidikan tertentu, seperti SD, SMP, atau SMA, bergantung pada fokus penelitian.

Implementasi Media Sway pada Materi Kalor Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Ungaran Tahun Pelajaran 2020/2021

Konsep kalor

Ya

Tidak

Ya

Ya

Siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 2 Ungaran tahun pelajaran 2020/2021 yang mempelajari materi kalor menggunakan media Sway.

Pengaruh Penggunaan Virtual Laboratory Terhadap Kemampuan Literasi Saintifik Siswa Pada Materi Evolusi

(Agushesa, 2024)

 

Konsep evolusi

Ya

Tidak

Ya

Ya

Siswa yang mempelajari materi evolusi dengan menggunakan virtual laboratory.

 

Usulan Novelty (Pembaharuan):

Usulan novelty yang dapat diajukan adalah "Integrasi Teknologi Digital dan Pendekatan Pedagogi Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Literasi Saintifik, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Keaktifan Peserta Didik di Era Pembelajaran Modern". Artikel ini menawarkan kebaruan dengan mengintegrasikan berbagai inovasi teknologi digital, seperti multimedia STEM, virtual laboratory, dan media Sway, dengan pendekatan pedagogi kontekstual seperti pembelajaran berdiferensiasi dan pengajaran isu-isu kontroversial. Kombinasi ini bertujuan untuk menciptakan strategi pembelajaran yang tidak hanya relevan dengan kebutuhan abad ke-21 tetapi juga mampu mengatasi tantangan pembelajaran seperti rendahnya literasi saintifik, kurangnya keterampilan berpikir kritis, dan minimnya keaktifan siswa. Pendekatan ini memungkinkan pembelajaran yang lebih interaktif, personal, dan bermakna, sehingga siswa dapat menghubungkan konsep yang dipelajari dengan situasi nyata dan meningkatkan motivasi serta hasil belajar secara keseluruhan.





Usulan Novelty Usulan Novelty 5 Artikel Embedded Approach

Penelitian 5 Tahun Terakhir

Materi

Model Kuantitatif

Model Kualitatif

Variabel Kesulitan

Variabel Strategi Perencanaan

Subjek

Penerapan Model Pembelajaran C-PBL (Context-and Problem Based Learning) pada Materi Suhu dan Kalor untuk Mrntransformasi Pemahaman Konsep Peserta Didik (Sabarrini dkk., 2024)

Suhu dan Kalor

Ya

Ya

Ya

Ya

Peserta didik yang belajar materi Suhu dan Kalor menggunakan model pembelajaran C-PBL

Artificial Intelligence (AI) dalam pendidikan Islam: trends, persepsi, dan potensi pelanggaran akademik di kalangan mahasiswa (Ali dkk., t.t.)

Penerapan Artificial Intelligence (AI) dalam konteks pendidikan Islam

Ya

Ya

Tidak

Ya

Mahasiswa dalam konteks pendidikan Islam

Embedded approaches to academic literacy development: a systematic review of empirical research about impact

(Pendekatan tertanam terhadap pengembangan literasi akademis: tinjauan sistematis penelitian empiris tentang dampak) (Bassett & Macnaught, 2024)

 

Pendekatan tertanam (embedded approaches) dalam pengembangan literasi akademis.

Ya

Ya

Ya

Ya

Siswa, mahasiswa, atau pengajar yang terlibat dalam upaya pengembangan literasi akademis

Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran IPAS Berorientasi Outdoor Learning Siswa SMK Negeri 1 Lolak

(Pintubatu, 2023)

Keterampilan proses sains (seperti observasi, klasifikasi, interpretasi data, prediksi, dan eksperimen) yang dikembangkan melalui pendekatan pembelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) berbasis outdoor learning

Ya

Ya

Ya

Ya

Siswa SMK Negeri 1 Lolak yang mengikuti pembelajaran berbasis outdoor learning

Eksplorasi Pemahaman Konsep Siswa pada Fluida Statis Berdasarkan Authentic Learning Berbasis Fenomena

(Tatsar dkk., 2020)

Konsep fluida statis

Ya

Ya

Ya

Ya

Siswa yang mempelajari materi fluida statis menggunakan pendekatan authentic learning

 

Usulan Novelty (Pembaharuan):

Usulan novelty yang dapat diajukan adalah "Integrasi Pendekatan Kontekstual, Otentik, dan Teknologi dalam Pengembangan Literasi Akademik serta Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Sains dan Pendidikan Islam". Artikel ini mengusulkan integrasi pendekatan pembelajaran berbasis konteks (Context-and Problem-Based Learning), pembelajaran otentik berbasis fenomena, dan pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan untuk meningkatkan literasi akademik serta keterampilan berpikir kritis siswa. Dengan menggabungkan metode berbasis pengalaman langsung, seperti outdoor learning dan authentic learning, serta teknologi modern, seperti AI, artikel ini bertujuan menciptakan model pembelajaran yang holistik dan relevan. Pendekatan ini tidak hanya memperkaya pemahaman konsep dalam pembelajaran sains dan pendidikan Islam tetapi juga menawarkan solusi untuk mengatasi tantangan pelanggaran akademik, sekaligus mempersiapkan siswa menghadapi tuntutan abad ke-21.


Daftar Rujukan :

Ali, N., Hayati, M., Faiza, R., & Khaerah, A. (t.t.). Artificial Intelligence (AI) dalam pendidikan Islam: Trends, persepsi, dan potensi pelanggaran akademik di kalangan mahasiswa.

Bassett, M., & Macnaught, L. (2024). Embedded approaches to academic literacy development: A systematic review of empirical research about impact. Teaching in Higher Education, 1–19. https://doi.org/10.1080/13562517.2024.2354280

Pintubatu, J. (2023). KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN IPAS BERORIENTASI OUTDOOR LEARNING SISWA SMK NEGERI 1 LOLAK. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 7–12. https://doi.org/10.53682/charmsains.v4i1.233

Sabarrini, M. A., Ramalis, T. R., & Sari, M. (2024). PENERAPAN C-PBL (CONTEXT- AND PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENTRANSFORMASI MODEL MENTAL PADA MATERI SUHU DAN KALOR PESERTA DIDIK.

Tatsar, M. Z., Yuliati, L., & Wisodo, H. (2020). Eksplorasi Pemahaman Konsep Siswa pada Fluida Statis Berdasarkan Authentic Learning Berbasis Fenomena. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(1), 107. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13150

Komentar