Nama : Nindya Rivantie Hayuning Tyas
NIM : 220321603128
Offering : D
Usulan Novelty Usulan Novelty 5 Artikel Convergent-Parallel Approach
Penelitian
5 Tahun Terakhir |
Materi |
Model
Kuantitatif |
Model
Kualitatif |
Variabel
Kesulitan |
Variabel
Strategi Perencanaan |
Subjek |
Pengembangan
Multimedia Digital STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
Pada Materi Hukum Archimedes (Rahardhian
dkk., 2023) |
Hukum Archimedes |
Tidak. |
Ya |
Tidak |
Ya |
Siswa |
A Convergent
Parallel Mixed-Methods Study of Teachers’ Ideologies in Teaching
Controversial Issues https://digitalcommons.unomaha.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1069&context=isqafacpub |
Ideologi guru
dalam mengajarkan isu-isu kontroversial. |
Ya
|
Ya |
Ya |
Ya |
Guru yang
mengajarkan isu-isu kontroversial. |
Penerapan
Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Salah Satu Pemecahan Masalah Masih
Kurangnya Keaktifan Peserta Didik Saat Proses Pembelajaran Berlangsung (Sabarrini
dkk., 2024) |
Pembelajaran
berdiferensiasi |
Ya
|
Ya |
Ya |
Ya |
Siswa yang
mengalami pembelajaran berdiferensiasi, kemungkinan berada pada jenjang
pendidikan tertentu, seperti SD, SMP, atau SMA, bergantung pada fokus
penelitian. |
Implementasi
Media Sway pada Materi Kalor Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta
Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Ungaran Tahun Pelajaran 2020/2021 |
Konsep kalor |
Ya
|
Tidak |
Ya |
Ya |
Siswa kelas XI
MIPA di SMA Negeri 2 Ungaran tahun pelajaran 2020/2021 yang mempelajari
materi kalor menggunakan media Sway. |
Pengaruh
Penggunaan Virtual Laboratory Terhadap Kemampuan Literasi Saintifik Siswa
Pada Materi Evolusi (Agushesa,
2024)
|
Konsep evolusi |
Ya |
Tidak |
Ya |
Ya |
Siswa yang
mempelajari materi evolusi dengan menggunakan virtual laboratory. |
Usulan Novelty (Pembaharuan):
Usulan novelty yang dapat
diajukan adalah "Integrasi Teknologi Digital dan Pendekatan Pedagogi
Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Literasi Saintifik, Keterampilan
Berpikir Kritis, dan Keaktifan Peserta Didik di Era Pembelajaran Modern". Artikel
ini menawarkan kebaruan dengan mengintegrasikan berbagai inovasi teknologi
digital, seperti multimedia STEM, virtual laboratory, dan media Sway,
dengan pendekatan pedagogi kontekstual seperti pembelajaran berdiferensiasi dan
pengajaran isu-isu kontroversial. Kombinasi ini bertujuan untuk menciptakan strategi
pembelajaran yang tidak hanya relevan dengan kebutuhan abad ke-21 tetapi juga
mampu mengatasi tantangan pembelajaran seperti rendahnya literasi saintifik,
kurangnya keterampilan berpikir kritis, dan minimnya keaktifan siswa.
Pendekatan ini memungkinkan pembelajaran yang lebih interaktif, personal, dan
bermakna, sehingga siswa dapat menghubungkan konsep yang dipelajari dengan
situasi nyata dan meningkatkan motivasi serta hasil belajar secara keseluruhan.
Usulan Novelty Usulan Novelty 5 Artikel Embedded
Approach
Penelitian
5 Tahun Terakhir |
Materi |
Model
Kuantitatif |
Model
Kualitatif |
Variabel
Kesulitan |
Variabel
Strategi Perencanaan |
Subjek |
Penerapan
Model Pembelajaran C-PBL (Context-and Problem Based Learning) pada Materi
Suhu dan Kalor untuk Mrntransformasi Pemahaman Konsep Peserta Didik (Sabarrini dkk.,
2024) |
Suhu
dan Kalor |
Ya |
Ya |
Ya |
Ya |
Peserta didik
yang belajar materi Suhu dan Kalor menggunakan model pembelajaran C-PBL |
Artificial
Intelligence (AI) dalam pendidikan Islam: trends, persepsi, dan potensi
pelanggaran akademik di kalangan mahasiswa (Ali dkk., t.t.) |
Penerapan
Artificial Intelligence (AI) dalam konteks pendidikan Islam |
Ya |
Ya |
Tidak |
Ya |
Mahasiswa dalam konteks pendidikan Islam |
Embedded
approaches to academic literacy development: a systematic review of empirical
research about impact (Pendekatan
tertanam terhadap pengembangan literasi akademis: tinjauan sistematis
penelitian empiris tentang dampak) (Bassett &
Macnaught, 2024)
|
Pendekatan
tertanam (embedded approaches) dalam pengembangan literasi akademis. |
Ya
|
Ya |
Ya |
Ya |
Siswa, mahasiswa, atau pengajar yang terlibat dalam upaya pengembangan literasi akademis |
Keterampilan
Proses Sains Pada Pembelajaran IPAS Berorientasi Outdoor Learning Siswa SMK
Negeri 1 Lolak (Pintubatu,
2023) |
Keterampilan
proses sains (seperti observasi, klasifikasi, interpretasi data, prediksi,
dan eksperimen) yang dikembangkan melalui pendekatan pembelajaran IPAS (Ilmu
Pengetahuan Alam dan Sosial) berbasis outdoor learning |
Ya
|
Ya |
Ya |
Ya |
Siswa
SMK Negeri 1 Lolak yang mengikuti pembelajaran berbasis outdoor learning |
Eksplorasi
Pemahaman Konsep Siswa pada Fluida Statis Berdasarkan Authentic Learning
Berbasis Fenomena (Tatsar dkk.,
2020) |
Konsep
fluida statis |
Ya
|
Ya |
Ya |
Ya |
Siswa yang mempelajari materi fluida statis menggunakan pendekatan authentic learning |
Usulan Novelty (Pembaharuan):
Usulan
novelty yang dapat diajukan adalah "Integrasi Pendekatan Kontekstual,
Otentik, dan Teknologi dalam Pengembangan Literasi Akademik serta Keterampilan
Berpikir Kritis pada Pembelajaran Sains dan Pendidikan Islam". Artikel
ini mengusulkan integrasi pendekatan pembelajaran berbasis konteks (Context-and
Problem-Based Learning), pembelajaran otentik berbasis fenomena, dan
pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan untuk meningkatkan literasi akademik
serta keterampilan berpikir kritis siswa. Dengan menggabungkan metode berbasis
pengalaman langsung, seperti outdoor learning dan authentic learning,
serta teknologi modern, seperti AI, artikel ini bertujuan menciptakan model
pembelajaran yang holistik dan relevan. Pendekatan ini tidak hanya memperkaya
pemahaman konsep dalam pembelajaran sains dan pendidikan Islam tetapi juga
menawarkan solusi untuk mengatasi tantangan pelanggaran akademik, sekaligus
mempersiapkan siswa menghadapi tuntutan abad ke-21.
Daftar Rujukan :
Ali,
N., Hayati, M., Faiza, R., & Khaerah, A. (t.t.). Artificial Intelligence
(AI) dalam pendidikan Islam: Trends, persepsi, dan potensi pelanggaran akademik
di kalangan mahasiswa.
Bassett, M., &
Macnaught, L. (2024). Embedded approaches to academic literacy development: A
systematic review of empirical research about impact. Teaching in Higher
Education, 1–19. https://doi.org/10.1080/13562517.2024.2354280
Pintubatu, J.
(2023). KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN IPAS BERORIENTASI OUTDOOR
LEARNING SISWA SMK NEGERI 1 LOLAK. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika,
4(1), 7–12. https://doi.org/10.53682/charmsains.v4i1.233
Sabarrini, M. A.,
Ramalis, T. R., & Sari, M. (2024). PENERAPAN C-PBL (CONTEXT- AND PROBLEM
BASED LEARNING) UNTUK MENTRANSFORMASI MODEL MENTAL PADA MATERI SUHU DAN KALOR
PESERTA DIDIK.
Tatsar, M. Z.,
Yuliati, L., & Wisodo, H. (2020). Eksplorasi Pemahaman Konsep Siswa pada
Fluida Statis Berdasarkan Authentic Learning Berbasis Fenomena. Jurnal
Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(1), 107.
https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13150
Komentar
Posting Komentar