Analisis Kritis Artikel : Hakikat Penelitian ; Cara Memperoleh Pengetahuan

Analisis Kritis Artikel : Cara Memperoleh Pengetahuan

Referensi Utama

Judul: Filsafat Ilmu dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan

Penulis: Sudur, Ahmad Syukri, Badarussyamsi

Tahun Terbit: 2024

 

1.     Tujuan dan Fokus Penelitian :

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan peran filsafat ilmu dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Fokus utamanya adalah pada bagaimana filsafat ilmu mempengaruhi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta bagaimana filsafat ilmu dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan analitis mahasiswa. Fokus penelitian ini terletak pada analisis literatur yang mendalam tentang peran filsafat ilmu dalam pengembangan IPTEK. Artikel ini juga menyoroti pentingnya integrasi filsafat ilmu dalam pendidikan tinggi untuk menghasilkan mahasiswa yang mampu mengelola IPTEK dengan bijak dan bertanggung jawab.

 

2.     Kekuatan Artikel :

·       Kedalaman analisis : artikel ini memberikan analisis mendalam tentang berbagai aliran filsafat yang berpengaruh terhadap ilmu pengetahuan, seperti empirisme, rasionalisme, dan positivisme.

·       Referensi yang kuat : artikel ini menggunakan berbagai sumber yang kredibel, termasuk karya-karya klasik yang dapat memperkuat argumen yang diajukan.

·       Relevansi : artikel ini relevan dengan konteks perkembangan ilmu pengetahuan saat ini, terutama dalam menghadapi teknologi dan etika.

 

3.     Keterbatasan Artikel :

·       Keterbatasan konteks : dalam artikel ini meskipun mencakup banyak aliran filsafat, konteks budaya, dan Sejarah yang memengaruhi perkembangan pemikiran ini mungkin kurang dibahas.

·       Kurangnya contoh praktis : artikel lebih banyak bersifat teoritis dan kurang memberikan contoh konkret tentang aplikasi filsafat dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

 

4.     Kesimpulan dan Relevansi :

Kesimpulan artikel menekankan pentingnya integrasi filsafat ilmu dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Relevansi artikel ini sangat tinggi terutama dalam konteks pendidikan dan penelitian, karena membantu para peneliti dan akademisi memahami dasar-dasar pemikiran yang mendasari ilmu pengetahuan.

 

5.     Rekomendasi dan Pengembangan :

Artikel ini merekomendasikan integrasi filsafat ilmu dalam pendidikan tinggi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan analitis mahasiswa. Selain itu, artikel ini juga merekomendasikan pemahaman tentang landasan ilmu pengetahuan dan kesadaran etis untuk membentuk mahasiswa sebagai profesional yang kompeten dan bertanggung jawab.

Pengembangan :

·       Peningkatan Aspek Praktis

Penulis dapat menambahkan contoh-contoh kasus atau penelitian yang menunjukkan penerapan filsafat ilmu dalam praktik.

·       Penelitian Lanjutan

Disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang bagaimana filsafat ilmu dapat diintegrasikan dalam kurikulum pendidikan tinggi.



 Daftar Rujukan :

Syukri, A., & Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U. (2024). FILSAFAT ILMU DALAM PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN. Journal Genta Mulia, 15(2), 34–47. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm

Komentar