NOTULA KELOMPOK 3 : R&D

Mata Kuliah: PFISUM6411 Metodologi Penelitian Pendidikan Fisika

Offering : D

 

Perkuliahan Pertemuan Ke 3

Tanggal                        : 20 sd 26 September 2024

TEMA/TOPIK            : Research And development (RnD)

 

PEMAKALAH

No

NIM

Nama

Judul

Sub-Makalah

Link File Presentasi

Link Video Presentasi

1.

220321605291

Adinda Putri Adrylia Ramadani

RnD : BROG & GALL, DICK & CAREY

https://bit.ly/MateriKelompok3_RnD

 

https://bit.ly/VideoPresentasiKelompok3_RnD

 

2.

220321603636

Ivania Shaki Mahardika

RnD : ADDIE DESIGN, ASSURA DESIGN

https://bit.ly/MateriKelompok3_RnD

 

https://bit.ly/VideoPresentasiKelompok3_RnD

 

3.

220321603128

Nindya Rivantie Hayuning Tyas

RnD : ICARE MODEL, THE 4D MODEL

https://bit.ly/MateriKelompok3_RnD

 

https://bit.ly/VideoPresentasiKelompok3_RnD

 

 

MINIMAL TIGA (3) ESEI KECIL Ter-UNIK (menurut kelompok)

Nama

Putri Listyo

Nasywa Alifiah

Nida’ul Faadilah

Judul Esai Kecil

Penelitian RnD

 

Essai Kecil : Konsep Dasar Research and Development (RND)

 

Nida'ul F - Essai Kecil RnD & PTK

Bentuk Esai Kecil

Komik Singkat

Video

Lagu

Alasan

Esai tersebut menarik karena membahas metodologi penelitian Research and Development (R&D) secara sederhana namun mendalam. Artikel ini menjelaskan pentingnya penelitian yang sistematis untuk menghasilkan kontribusi ilmiah yang bermanfaat, serta tahapan yang perlu dilalui dalam proses pengembangan. Selain itu, artikel ini mengemas essai dalam bentuk komik yang mudah dipahami

Esai tersebut menarik karena membahas konsep dasar Research and Development (R&D) dengan bahasa yang mudah dipahami, sekaligus menyoroti pentingnya inovasi dalam berbagai bidang. Penjelasannya menggarisbawahi langkah-langkah kunci dalam proses R&D, serta bagaimana metode ini berperan penting dalam pengembangan produk baru atau perbaikan yang signifikan. Dan dibuat dalam video singkat yang menarik dan lebih mudah untuk dimengerti

Esai tersebut menarik karena disajikan dalam bentuk lagu, yang merupakan pendekatan kreatif untuk menjelaskan konsep Research and Development (R&D). Melalui lirik, penulis menggabungkan elemen akademis dan seni, membuat materi yang kompleks lebih mudah dipahami dan dinikmati. Metode ini memberikan kesegaran dalam menyampaikan topik ilmiah, menjadikannya lebih interaktif dan mengundang minat pembaca.

 

KEHADIRAN MAHASISWA

1.  Jumlah seluruh mahasiswa peserta matakuliah      : 30 mahasiswa

2.  Jumlah mahasiswa yang hadir                                : 26 mahasiswa

3.  Jumlah mahasiswa yang TIDAK hadir                   : 4 mahasiswa

No

NIM

Nama Mahasiswa TIDAK hadir

Alasan TIDAK hadir

1

220321600906

 ACHMAD MU'IZZ ALTIANTO

Tidak Melaksanakan Point 2, 3, 5

2

220321608492

 FRIDA SEPTIANA DEWI

Tidak Melaksanakan Point 2, 3, 4, 5

3

220321605571

 IMRO ATURROFI`AH

Tidak Melaksanakan Point 2, 3, 4, 5

4

220321611234

 ROSA SIMAMORA

Tidak Melaksanakan Point 4, 5

 

Catatan:

Mahasiswa dinyatakan TIDAK hadir

·       jika ia seorang penyaji, maka ia TIDAK melakukan 5 hal berikut: (1) membuat 1 submakalah, (2) membuat file presentasi, (3) memvideokan file presentasi, (4) melemparkan topik diskusi, dan (5) menjawab semua pertanyaan yang berkait dengan submakalah, dan atau menanggapi saran/pendapat bukan anggota

·       jika ia bukan penyaji, maka ia TIDAK melakukan 5 hal berikut: (1) mengupload artikel yang relevan (disertai deskripsi Novelty dan Analisis Kritis), (2) mengajukan pertanyaan pada setiap forum diskusi submakalah, (3) menanggapi saran/pendapat mahasiswa lain pada setiap forum diskusi submakalah, (4) pengumpulan tugas esai kecil, dan (5) Tindak lanjut artikel – usulan Novelty.


NOTULA Diskusi

1.     Notula Diskusi Sub-Malakah 1 Research And development (RnD) ; BROG & GALL, DICK & CAREY

No

NIM

Nama Mahasiswa Penyaji

Pertanyaan

Kesimpulan

 

1.

 

220321605291

 

Adinda Putri Adrylia Ramadani

Setelah menelaah materi mengenai model penelitian brog&gall, dick carey , Bagaimana efektivitas penggunaan model penelitian Brog & Gall dibandingkan dengan model Dick & Carey dalam pengembangan instruksional, khususnya dalam konteks keterlibatan peserta didik dan pencapaian tujuan pembelajaran yang spesifik?

Model Brog & Gall dan Dick & Carey memiliki efektivitas yang berbeda dalam pengembangan instruksional, terutama dalam konteks keterlibatan peserta didik dan pencapaian tujuan pembelajaran yang spesifik. Model Brog & Gall menekankan pada tahapan penelitian dan pengembangan yang iteratif, di mana revisi berulang dilakukan berdasarkan umpan balik dari uji coba lapangan. Ini memungkinkan keterlibatan peserta didik secara aktif dalam proses penyempurnaan materi, namun membutuhkan waktu lebih lama dan sumber daya yang lebih besar. Sebaliknya, model Dick & Carey menekankan pendekatan yang lebih sistematis, di mana setiap langkah—mulai dari analisis kebutuhan hingga evaluasi formatif—secara langsung terhubung dengan pencapaian tujuan pembelajaran yang spesifik. Keterlibatan peserta didik dalam model ini terstruktur melalui desain yang jelas dan terukur, sehingga lebih cepat dalam mencapai hasil belajar yang diharapkan. Penggunaan model Dick & Carey dianggap lebih efisien dalam mencapai hasil instruksional yang spesifik dan diukur, sementara Brog & Gall lebih unggul dalam memastikan bahwa produk instruksional dioptimalkan untuk keberlanjutan dan fleksibilitas di masa depan.

Notula Diskusi Sub-Malakah 2 Research And development (RnD) ; ADDIE DESIGN, ASSURA DESIGN

No

NIM

Nama Mahasiswa Penyaji

Pertanyaan

Kesimpulan

 

1.

 

220321603636

 

Ivania Shaki Mahardika

Setelah mengenal ADDIE Design dan ASSURE Design, jika posisi Anda sebagai guru, Model mana yang Anda pilih untuk pembelajaran Fisika? Jelaskan alasannya!

 Bedasarkan hasil diskusi pada forum banyak dari teman-teman  memilih model ASSURE untuk penelitian dalam konteks Fisika, maka pendekatan ini dapat memberikan keuntungan dalam mengintegrasikan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan interaktivitas dalam pengumpulan data dan analisis. Dengan langkah-langkah yang terstruktur seperti analisis karakteristik subjek penelitian, seleksi metode dan instrumen yang sesuai, serta evaluasi terhadap hasil penelitian, ASSURE memungkinkan Anda untuk lebih memfokuskan pada aspek personalisasi penelitian dan mencapai tujuan penelitian yang spesifik secara lebih efektif. Fleksibilitas model ini juga memfasilitasi adaptasi terhadap perubahan kebutuhan penelitian dan memastikan hasil yang dapat diukur secara konkret.

 

3.     Notula Diskusi Sub-Malakah 3 Research And development (RnD) ; ICARE MODEL, THE 4D MODEL

No

NIM

Nama Mahasiswa Penyaji

Pertanyaan

Kesimpulan

1.

220321603128

Nindya Rivantie Hayuning Tyas

Menurut Anda, bagaimana kombinasi antara ICARE Model dan The 4D Model dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran fisika? serta apakah setiap komponen dari masing-masing kedua model tersebut (ICARE Model dan The 4D Model) saling melengkapi ketika proses pembelajaran?

Kombinasi antara ICARE Model dan The 4D Model dapat secara signifikan meningkatkan efektivitas pembelajaran Fisika. ICARE Model, yang menekankan interaktif, kontekstual, aktif, reflektif, dan aplikatif dalam pendekatan pembelajaran, dapat menghadirkan pengalaman belajar yang lebih menyeluruh dan relevan bagi siswa. Model ini memungkinkan integrasi konsep teoritis dengan aplikasi praktis dalam situasi nyata, sambil mendorong refleksi mendalam terhadap pembelajaran yang telah terjadi. Di sisi lain, The 4D Model, dengan langkah-langkah definisi kebutuhan pembelajaran, perancangan, pengembangan, dan penyebaran materi pembelajaran, memberikan kerangka kerja yang terstruktur untuk merancang pembelajaran yang sistematis dan terukur. Dengan menggabungkan kekuatan kedua model ini, guru dapat menghasilkan pengalaman pembelajaran Fisika yang lebih dinamis dan menyeluruh, mengintegrasikan teknologi secara efektif untuk meningkatkan interaktivitas dan keterlibatan siswa, serta memastikan pencapaian tujuan pembelajaran yang spesifik dan terukur secara efisien.

 


Komentar