Nama : Nindya
Rivantie Hayuning Tyas
NIM : 220321603128
Offering : D
NOVELTY 5 ARTIKEL
Artikel |
Materi |
Metode Kuantitatif |
Metode Kualitatif |
Variabel Penulisan Penelitian
yang Baik dan Benar |
Variabel Permasalahan
Penelitian |
Subjek |
Metodologi Penelitian:
Analisis Konseptuan untuk Memahami Hakikat, Tujuan, Prosedur, dan Klasifikasi
Penelitian |
Konsep penelitian |
Tidak |
Ya |
Tidak |
Tidak |
Pendekatan pembelajaran dalam
konteks pendidikan dasar |
Metode
Penelitian Kualitatif Studi Pustaka |
Pendekatan kualitatif dalam penelitian |
Tidak |
Ya |
Ya |
Ya |
Peneliti
yang menggunakan penelitian kualitatif |
Pentingnya
Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. |
Metode penelitian |
Tidak |
Ya |
Ya |
Ya |
Guru
dan Siswa |
Kajian Penelitian
: Tinjauan Literatur Sebagai Metode Penelitian |
Proses dan
aktivitas tinjauan literatur sebagai metode penelitian, serta perannya dalam
penelitian kuantitatif dan kualitatif. |
Ya |
Ya |
Ya |
Ya |
Beragam
literatur yang ada di bidang akademik |
Konsep Dasar
Metodologi Penelitian pada Bidang Pendidikan Dasar. Al-Madrasah:
Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah |
Metodologi
Penelitian |
Tidak |
Ya |
Ya |
Ya |
Penelitian
Ilmiah |
Artikel |
Novelty (keterbaruan yang ada
pada artikel) |
|
Pendekatan analisis konseptual yang sistematis
sehingga tidak hanya menjelaskan berbagai jenis metodologi tetapi juga
mengaitkannya dengan praktik penelitian yang lebih luas serta pentingnya
klasifikasi metodologi dalam konteks penelitian kuantitatif dan kualitatif
yang dapat memberikan panduan praktis bagi peneliti dalam menghadapi
tantangan ilmiah saat ini menjadi lebih efektif dan relevan |
(Adlini
dkk., 2022). Metode
Penelitian Kualitatif Studi Pustaka |
Menawarkan pendekatan
komprehensif dalam memahami metode penelitian kualitatif, khususnya studi
pustaka, dengan menekankan analisis holistik terhadap fenomena sosial tanpa
bergantung pada data kuantitatif. |
(Azizah,
2021). Pentingnya
Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. |
Penekanan
pentingnya penelitian tindakan kelas (PTK) sebagai sarana inovatif untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran dan profesionalisme guru. Dengan
mengintegrasikan refleksi diri dan tindakan praktis dalam proses pengajaran,
PTK tidak hanya berfungsi sebagai alat evaluasi, tetapi juga sebagai metode
untuk menciptakan perubahan yang berkelanjutan dalam praktik pendidikan. |
(Yam, J. H.
2024). Kajian Penelitian: Tinjauan Literatur Sebagai Metode Penelitian |
Menawarkan kontribusi signifikan dengan menguraikan
tinjauan literatur sebagai metode penelitian, terutama dalam konteks
penelitian kualitatif non-meta-analisis serta menjelaskan berbagai jenis
keluaran yang dapat dihasilkan dari tinjauan literatur dapat menghasilkan
kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan teori dan praktik |
(Suroyya
dkk., 2022). Konsep Dasar
Metodologi Penelitian pada Bidang Pendidikan Dasar. Al-Madrasah:
Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah |
Memperkenalkan
pendekatan baru terhadap metodologi penelitian di bidang pendidikan dasar
Islam, dengan mengintegrasikan konsep-konsep tradisional Islam dan metode
ilmiah modern. Penelitian ini tidak hanya menekankan pentingnya metode
deskriptif-analitis, tetapi juga mengeksplorasi bagaimana nilai-nilai Islam,
seperti istima’ (pendengaran), dapat dijadikan landasan dalam pengembangan
kurikulum dan praktik pendidikan |
Usulan Novelty :
Pengembangan Model
Metodologi yang Adaptif
Melalui
pengembangan model metodologi yang adaptif dapat mengintegrasikan tinjauan literatur
kritis dengan pendekatan multidisiplin dalam mengatasi isu-isu terkini. Model
ini akan memanfaatkan teknologi digital dan analisis data besar, serta
menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif untuk menghasilkan temuan yang
lebih komprehensif. Selain itu, dapat Menyusun modul pembelajaran berbasis
proyek yang menggunakan metode penelitian tersebut sehingga mampu meningkatkan
pemahaman siswa dan keterlibatan siswa dalam proses penelitian.
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah,
O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul:
Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980.
https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan
Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22.
https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475
Suroyya, C. F., Mahmudah, I., & Fatimah, S.
(2022). Konsep Dasar Metodologi Penelitian Pada Bidang Pendidikan Dasar. Al-Madrasah:
Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1255.
https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1187
Nur,Z.,
Sulaiman.,& Rahman, U. 2024. Metodologi Penelitian: Analisis Konseptuan
untuk Memahami Hakikat, Tujuan, Prosedur, dan Klasifikasi Penelitian. Indonesian
Journal of Science Education and Technology Vol.4, No. 1, Tahun 2024.
Yam, J.
H. (2024). Kajian Penelitian: Tinjauan Literatur Sebagai Metode
Penelitian. UniversitasIslam Syekh-Yusuf: Indonesia.
Komentar
Posting Komentar