USULAN NOVELTY(Hakikat Penelitian)

 

Nama : Nindya Rivantie Hayuning Tyas

NIM : 220321603128

Offering : D

 

NOVELTY 5 ARTIKEL

Artikel

Materi

Metode Kuantitatif

Metode Kualitatif

Variabel Penulisan Penelitian yang Baik dan Benar

Variabel Permasalahan Penelitian

Subjek

Metodologi Penelitian: Analisis Konseptuan untuk Memahami Hakikat, Tujuan, Prosedur, dan Klasifikasi Penelitian

Konsep penelitian

Tidak

Ya

Tidak

Tidak

Pendekatan pembelajaran dalam konteks pendidikan dasar

Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka

Pendekatan kualitatif dalam penelitian

Tidak

Ya

Ya

Ya

Peneliti yang menggunakan penelitian kualitatif

Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran.

Metode penelitian

Tidak

Ya

Ya

Ya

Guru dan Siswa

Kajian Penelitian : Tinjauan Literatur Sebagai Metode Penelitian

Proses dan aktivitas tinjauan literatur sebagai metode penelitian, serta perannya dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif.

Ya

Ya

Ya

Ya

Beragam literatur yang ada di bidang akademik

 

Konsep Dasar Metodologi Penelitian pada Bidang Pendidikan Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

Metodologi Penelitian

Tidak

Ya

Ya

Ya

Penelitian Ilmiah

 

Artikel

Novelty (keterbaruan yang ada pada artikel)

(Nur et al., 2024). Metodologi Penelitian Analisis Konseptual.Untuk Memahami Hakikat, Tujuan, Prosedur dan Klasifikasi Penelitian

Pendekatan analisis konseptual yang sistematis sehingga tidak hanya menjelaskan berbagai jenis metodologi tetapi juga mengaitkannya dengan praktik penelitian yang lebih luas serta pentingnya klasifikasi metodologi dalam konteks penelitian kuantitatif dan kualitatif yang dapat memberikan panduan praktis bagi peneliti dalam menghadapi tantangan ilmiah saat ini menjadi lebih efektif dan relevan

(Adlini dkk., 2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka

Menawarkan pendekatan komprehensif dalam memahami metode penelitian kualitatif, khususnya studi pustaka, dengan menekankan analisis holistik terhadap fenomena sosial tanpa bergantung pada data kuantitatif. 

(Azizah, 2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran.

Penekanan pentingnya penelitian tindakan kelas (PTK) sebagai sarana inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan profesionalisme guru. Dengan mengintegrasikan refleksi diri dan tindakan praktis dalam proses pengajaran, PTK tidak hanya berfungsi sebagai alat evaluasi, tetapi juga sebagai metode untuk menciptakan perubahan yang berkelanjutan dalam praktik pendidikan.

(Yam, J. H. 2024). Kajian Penelitian: Tinjauan Literatur Sebagai Metode Penelitian

Menawarkan kontribusi signifikan dengan menguraikan tinjauan literatur sebagai metode penelitian, terutama dalam konteks penelitian kualitatif non-meta-analisis serta menjelaskan berbagai jenis keluaran yang dapat dihasilkan dari tinjauan literatur dapat menghasilkan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan teori dan praktik

(Suroyya dkk., 2022). Konsep Dasar Metodologi Penelitian pada Bidang Pendidikan Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

Memperkenalkan pendekatan baru terhadap metodologi penelitian di bidang pendidikan dasar Islam, dengan mengintegrasikan konsep-konsep tradisional Islam dan metode ilmiah modern. Penelitian ini tidak hanya menekankan pentingnya metode deskriptif-analitis, tetapi juga mengeksplorasi bagaimana nilai-nilai Islam, seperti istima’ (pendengaran), dapat dijadikan landasan dalam pengembangan kurikulum dan praktik pendidikan

 

Usulan Novelty :

Pengembangan Model Metodologi yang Adaptif

Melalui pengembangan model metodologi yang adaptif dapat mengintegrasikan tinjauan literatur kritis dengan pendekatan multidisiplin dalam mengatasi isu-isu terkini. Model ini akan memanfaatkan teknologi digital dan analisis data besar, serta menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif untuk menghasilkan temuan yang lebih komprehensif. Selain itu, dapat Menyusun modul pembelajaran berbasis proyek yang menggunakan metode penelitian tersebut sehingga mampu meningkatkan pemahaman siswa dan keterlibatan siswa dalam proses penelitian.


 Daftar Pustaka :

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Suroyya, C. F., Mahmudah, I., & Fatimah, S. (2022). Konsep Dasar Metodologi Penelitian Pada Bidang Pendidikan Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1255. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1187

Nur,Z., Sulaiman.,& Rahman, U. 2024. Metodologi Penelitian: Analisis Konseptuan untuk Memahami Hakikat, Tujuan, Prosedur, dan Klasifikasi Penelitian. Indonesian Journal of Science Education and Technology Vol.4, No. 1, Tahun 2024.

Yam, J. H. (2024). Kajian Penelitian: Tinjauan Literatur Sebagai Metode Penelitian. UniversitasIslam Syekh-Yusuf: Indonesia.



Komentar