Usulan Novelty Penelitian Kualitatif dan Penelitian Kuantitatif
Penelitian Kualitatif dan Penelitian
Kuantitatif
Nama :
Nindya Rivantie Hayuning Tyas
NIM
: 220321603128
Offering
: D
Penelitian
5 Tahun Terakhir |
Materi |
Model
Kuantitatif |
Model
Kualitatif |
Variabel
Kesulitan |
Variabel
Strategi Perencanaan |
Subjek |
Analisis Data
Penelitian Kuantittaif (Pengujian Hipotesis Asosiatif Korelasi) |
Pengujian
hipotesis |
Ya |
Tidak |
Ya |
Ya |
Peneliti |
Kajian
Penelitian: Tinjauan Literatur Sebagai Metode Penelitian. |
Kajian
penelitian dengan metode tinjauan literatur sebagai metode penelitian. |
Ya |
Tidak |
Tidak |
Tidak |
Peneliti atau
mahasiswa yang menggunakan metode tinjauan literatur untuk penelitian. |
Konsep dan
Karakteristik Penelitian Kualitatif serta Perbedaannya dengan Penelitian
Kuantitatif |
Perbedaan antara
pendekatan kualitatif dan kuantitatif, metodologi penelitian, karakteristik
masing-masing metode, tingkatan kebenaran, serta jenis-jenis penelitian dan
variabel terkait. |
Ya |
Ya |
Ya |
Ya |
Individu atau
kelompok yang memberikan informasi mendalam tentang pengalaman atau pandangan
mereka |
Ragam Pendekatan
Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif serta Tahapan dalam Penelitian |
Berbagai
pendekatan dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif serta tahapan dalam
penelitian pendidikan. |
Ya |
Ya |
Tidak |
Ya |
Peneliti |
Pendekatan
Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian
Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). |
Pendekatan
penelitian pendidikan menggunakan metode kualitatif, kuantitatif, dan
kombinasi (mixed method) |
Ya |
Tidak |
Tidak |
Tidak |
Peneliti
pendidikan, dosen, atau mahasiswa yang mempelajari metode penelitian di
bidang pendidikan. |
Usulan Novelty (Pembaharuan):
Usulan
novelty yang dapat diajukan adalah pengembangan model penelitian berbasis
pendekatan campuran yang mengintegrasikan metode kualitatif dan kuantitatif
secara sinergis untuk memahami dinamika pembelajaran di era digital. Model ini
tidak hanya akan menggabungkan data numerik dan naratif, tetapi juga
memperhatikan konteks sosial, budaya, dan teknologi yang memengaruhi pengalaman
belajar. Dengan memanfaatkan analisis big data dan wawancara mendalam,
penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola-pola perilaku dan persepsi
siswa yang mungkin teraba dalam studi-studi sebelumnya. Selain itu, model ini
akan diuji dalam berbagai konteks pendidikan, seperti pembelajaran daring dan
luring, untuk menghasilkan rekomendasi praktis yang dapat meningkatkan efektivitas
proses pembelajaran di berbagai setting.
DAFTAR PUSTAKA
Akbar,
R., Sukmawati, U. S., & Katsirin, K. (2023). Analisis Data Penelitian
Kuantitatif (Pengujian Hipotesis Asosiatif Korelasi). Jurnal Pelita
Nusantara: Kajian Ilmu Sosial Multidisiplin, 1(3), 430-448.
Hasibuan,
A. T., Sianipar, M. R. Ramdhani, a. D., putri, F. W., & Ritonga, N.Z.
(2022). Konsep Karakteristik Penelitian Kualitatif Serta Perbedaannya
dengan Penelitian Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2),
8686-8692.
Marinu
Waruwu. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian
Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi
(Mixed Method). (Saksitha & Jailani, t.t.)Salatiga:
Universitas Kristen Satya Wacana.
Saksitha, D. A., & Jailani, M. S. (t.t.). RAGAM
PENDEKATAN PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF SERTA TAHAPAN DALAM PENELITIAN.
Yam, J. H. (2024). Kajian
Penelitian: Tinjauan Literatur Sebagai Metode Penelitian. Jurnal Empire, ISSN:
2775-040X.
Komentar
Posting Komentar