Usulan Novelty Penelitian Kualitatif dan Penelitian Kuantitatif

 Usulan Novelty Penelitian Kualitatif dan Penelitian Kuantitatif


Penelitian Kualitatif dan Penelitian Kuantitatif 

Nama              : Nindya Rivantie Hayuning Tyas

NIM                : 220321603128

Offering          : D

 

Penelitian 5 Tahun Terakhir

Materi

Model Kuantitatif

Model Kualitatif

Variabel Kesulitan

Variabel Strategi Perencanaan

Subjek

Analisis Data Penelitian Kuantittaif (Pengujian Hipotesis Asosiatif Korelasi)

Pengujian hipotesis

Ya

Tidak

Ya

Ya

Peneliti

Kajian Penelitian: Tinjauan Literatur Sebagai Metode Penelitian.

Kajian penelitian dengan metode tinjauan literatur sebagai metode penelitian.

Ya

Tidak

Tidak

Tidak

Peneliti atau mahasiswa yang menggunakan metode tinjauan literatur untuk penelitian.

Konsep dan Karakteristik Penelitian Kualitatif serta Perbedaannya dengan Penelitian Kuantitatif

Perbedaan antara pendekatan kualitatif dan kuantitatif, metodologi penelitian, karakteristik masing-masing metode, tingkatan kebenaran, serta jenis-jenis penelitian dan variabel terkait.

Ya

Ya

Ya

Ya

Individu atau kelompok yang memberikan informasi mendalam tentang pengalaman atau pandangan mereka

Ragam Pendekatan Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif serta Tahapan dalam Penelitian

Berbagai pendekatan dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif serta tahapan dalam penelitian pendidikan.

Ya

Ya

Tidak

Ya

Peneliti

Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).

Pendekatan penelitian pendidikan menggunakan metode kualitatif, kuantitatif, dan kombinasi (mixed method)

Ya

Tidak

Tidak

Tidak

Peneliti pendidikan, dosen, atau mahasiswa yang mempelajari metode penelitian di bidang pendidikan.

 

Usulan Novelty (Pembaharuan):

Usulan novelty yang dapat diajukan adalah pengembangan model penelitian berbasis pendekatan campuran yang mengintegrasikan metode kualitatif dan kuantitatif secara sinergis untuk memahami dinamika pembelajaran di era digital. Model ini tidak hanya akan menggabungkan data numerik dan naratif, tetapi juga memperhatikan konteks sosial, budaya, dan teknologi yang memengaruhi pengalaman belajar. Dengan memanfaatkan analisis big data dan wawancara mendalam, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola-pola perilaku dan persepsi siswa yang mungkin teraba dalam studi-studi sebelumnya. Selain itu, model ini akan diuji dalam berbagai konteks pendidikan, seperti pembelajaran daring dan luring, untuk menghasilkan rekomendasi praktis yang dapat meningkatkan efektivitas proses pembelajaran di berbagai setting.

 

DAFTAR PUSTAKA

Akbar, R., Sukmawati, U. S., & Katsirin, K. (2023). Analisis Data Penelitian Kuantitatif (Pengujian Hipotesis Asosiatif Korelasi). Jurnal Pelita Nusantara: Kajian Ilmu Sosial Multidisiplin, 1(3), 430-448.

Hasibuan, A. T., Sianipar, M. R. Ramdhani, a. D., putri, F. W., & Ritonga, N.Z. (2022). Konsep Karakteristik Penelitian Kualitatif Serta Perbedaannya dengan Penelitian Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8686-8692.

Marinu Waruwu. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). (Saksitha & Jailani, t.t.)Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Saksitha, D. A., & Jailani, M. S. (t.t.). RAGAM PENDEKATAN PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF SERTA TAHAPAN DALAM PENELITIAN.

Yam, J. H. (2024). Kajian Penelitian: Tinjauan Literatur Sebagai Metode Penelitian. Jurnal Empire, ISSN: 2775-040X.

 

Komentar